Agar Printer awet

Posted by Ĵũňǻîdî On 25 Nov 2011 0 komentar
Tanya : Bagaimana agar printer yang saya beli awet ?

Jawaban :
Untuk dapat menggunakan printer yang baik dan benar sebenarnya tidak sulit. Rahasianya baca buku petunjuk, karena setiap produsen printer pastilah mengkaji produksinya dan membuat buku petunjuk selengkap dan sejelas mungkin.
Berikut ini saya sajikan langkah-langkah untuk menggunakan printer yang baik dan benar.
printer

1.       Begitu anda membuka kardus printer, baca dulu buku petunjuk [manual] yang menyertainya. Seberapapun hebatnya pengalaman anda, ada beberapa informasi yang harus diketahui untuk tipe printer tertentu. Bagian penting yang wajib dibaca dibuku petunjuk adalah cara menginstall printer pada computer anda. Perhatikan peringatan khusus yang ditulis dalam buku tersebut. Setelah itu simpan buku petunjuk ditempat yang mudah diingat.
2.       Pastikan listrik yang anda gunakan stabil.
3.       Pasang tinta sesuai prosedur. Pada printer inkjet, sa’at pertama kali dihidupkan, printer akan menghabiskan beberapa menit untuk melakukan cleaning. Jangan pernah mematikan printer yang sedang melakukan cleaning.
4.       Jagalah kebersihan. Sebaiknya jika tidak digunakan, apalagi jika anda tinggal didaerah berdebu, printer hendaknya ditutup dengan kain. Penutupan ini tidak hanya dibagian atas, tapi juga menutupi seluruh tubuh printer. Serangga seperti, kecoak, semut, dsb bias menyebabkan kerusakan parah pada mainboard printer. Juga jangan biasakan makan dekat printer, karena sisa/potongan makanan dapat mengundang serangga yang bias menyebabkan kerusakan printer.
5.       Jangan menggunakan tinta palsu. Semua pembuat printer sangat tidak menyarankan penggunaan tinta palsu ini karena kecenderungannya yang sangat merusak. Kerusakan yang paling umum ditimbulkan oleh tinta palsu adalah jebolnya mainboard printer.  Cartridge tinta tidak hanya berisi tinta saja. Bagian dalam printer inkjet Canon dan HP mengandung mekanisme penyeimbang tekanan udara, nozzle, dan sirkuit elektronik. Masing-masing komponen tersebut bekerjasama dan terkalibrasi sehingga menghasilkan tetesan tinta yang tajam, akurat dan anti bocor. Dengan mengisi ulang singkronisasi kerja setiap komponen akan terpengaruh sehingga tinta bias bocor dan hasil cetak menjadi tidak tajam. Pada printer inkjet Epson memang cartridgenya hanya berisi tinta, namun tinta palsu tingkat kekentalannya tidak memilki ukuran dengan partikel yang standar sehingga bias menyebabkan kerusakan pada printhead. Pada printer laser, tinta palsu juga berpeluang besar membuat rusaknya mainboard.
6.       Untuk printer laser, sebelum memasang toner, sebaiknya toner diguncang-guncang sesuai petunjuk dipembungkus toner untuk menghindari penggumpalan toner karena penyimpanan dalam waktu lama.
7.       Untuk penggunaan printer warna, sebisa mungkin gunakan warna-warna yang ada secara seimbang. Hindari penggunaan warna tertentu secara sering, khususnya pada printer yang menempatkan ketiga tinta warnanya pada satu wadah. Pada printer seperti ini jika satu warna habis, printer akan menggunakan komposisi warna lain untuk bias mungkin membuat warna yang akan dicetak. Selain hasilnya akan tidak seperti yang anda inginkan, ini juga bias merusak printer, karena warna yang habis akan mongering dan bias menyebabkan terganggunya suplai tinta pada printhead.
8.       Gunakan media kertas, transparansi atau material lain yang sesuai dengan spesifikasi yang tercantum pada buku petunjuk. Media merupakan penting dalam menghasilkan kualitas cetakkan yang prima.
9.       Simpan media cetak kertas, transparansi atau materiala lain pada tempat yang kering. Jaga juga agar media tidak terlipat atau bergelombang. Hindari penggunaan kertas yang berdebu, tepinya tidak rata/bekas sobekan, bekas fotocopy, atau keriput karena dapat mengakibatkan kertas tersangkut dalam printer, hasil cetakan tidak tajam, atau bahkan merusak tinta/toner.
10.   Untuk printer dengan beban kerja tinggi, minimal setahun sekali, periksakan printer keservis resmi. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan kerusakan printhead.

Semoga bermanfa’at…………………………………….makasih kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas :
Komentar dan Kritik anda
Untuk bertanya klik menu "Tanya ?"