Cara merawat rambut agar tidak rontok.

Posted by Ĵũňǻîdî On 27 Nov 2011 0 komentar
rawat rambut

Tanya : Rambut saya koq rontok terus ?

Jawaban              :
Banyak wanita menyangka bahwa memijit, menyisir, lalu memakai minya rambut dan lainnya, adalah satu-satunya cara yang cukup untuk memelihara dan merawat rambut. Ini merupakan pandangan yang salah, karena cara ini saja tidak cukup untuk merawat dan memeliharanya. Perlu diperhatikan disamping hal-hal diatas, pangkal dan akar rambut, dengan cara berikut :

1.       Menjaga keseimbangan makanan yang mengandung vitamin A, kalsium, protein, dan zat besi, khususnya pada sa’at menyusui dan penyembuhan, serta menghindari bergadang dan beban berat.
2.       Menjaga kondisi kesehatan dan kejiwaan. Karena rambut merupakan bagian anggota tubuh yang hidup, dia akan dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dan kejiwaan
3.       Harus diperhatikan dengan serius, agar mencuci rambut sekali atau dua kali dalam seminggu. Tidaklah benar bahwa mencuci rambut berimplikasi pada kerontokan. Sangat baik sekali pemijatan rambut setelah mandi dan dikeringkan dengan menggunakan minyak zaitun secara merata pada seluruh bagian kulit keopala. Memijat kulit kepala selama 5 menit setiap hari dapat memperlancar aliran darah kulit kepala, tapi dengan syarat pijatan ini dilakukan dengan lembut. Karena bila pijatan dilakukan dengan kasar/keras dapat menjadikan rambut putus. Dan perlu diperhatikan ketika merapikan rambut, hendaklah menggunakan sisir yang lembut atau menggunakan sikat rambut yang kabarnya lebih baik dari sisir.
4.       Ketika menyemir rambut, meluruskan rambut [rebonding] atau ketika menggunakan bahan kimia hendaklah secara halus dan lembut.
5.       Pada sa’at menggunakan jenis shampoo yang berbeda-beda, jangan gunakan sembarang shampoo. Tapi pilihlah jenis shampoo yang sesuai dengan tipe rambut anda. Secara umum shampoo yang bagus adalah yang tidak menjadikan rambut sangat kering setelah keramas, sehingga akan membuat rambut rentan putus. Inilah yang menyebabkan alergi dan peradangan pada kulit yang dikenainya. Jika kepala anda tipe kepala berminyak disarankan agar menggunakan shampoo yang mengandung belerang [sulfur]. Sementara pemilik rambut kering, cocoknya menggunakan shampoo yang mengandung lanolin. Secara umum disarankan untuk tidak menggunakan shampoo yang mengandung bahan kimia, kecuali jika terjadi pengelupasan kulit kepala [ketombe], disarankan untuk kedokter agar dapat diketahui sahmpo yang tepat.
6.       Sebaiknya memilih sikat rambut yang lembut untuk merapikan rambut, dan bila anda menggunakan sisir, pastikan jari-jari sisir tidak tajam dan tidak sempit.
7.       Jangan mudah percaya pada berbagai macam iklan produsen kosmetik yang berlebihan dalam mengiklankan produknya, penguat rambut dan semir, karena kebanyakan tidak memiliki khasiat.
8.       Bila rambut anda rontok dalam jumlah besar sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli kecantikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas :
Komentar dan Kritik anda
Untuk bertanya klik menu "Tanya ?"