Penyakit Kusta Lepra

Posted by Ĵũňǻîdî On 1 Jan 2013 0 komentar
Penyakit Kusta Lepra
Tanya : Apa yang dimaksud dengan Penyakit Kusta ?

Jawaban :

Penyakit kusta adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae saudara kandung Mycobacterium tuberculosa penyebab Tbc. Mycobacterium leprae menyerang kulit dan syaraf tepi.

Gambaran klinis penyakit ini adalah sebagai berikut :
Pada umumnya dimulai dengan timbulnya bercak atau vlek pada kulit yang berwarna pucat/putih (tipe basah). Bila tidak diobati dengan tuntas dapat menyerang syaraf tepi, yang menyebabkan radang. Bila radang ini tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan kerusakan pada syaraf tepi tersebut. Kerusakan pada syaraf ini mengakibatkan kelumpuhan pada otot dan atau hilangnya rasa kulit/mati rasa. Syaraf tepi yang terserang biasanya pada tangan (menjadi kithing), kaki dan mata (tidak dapat memejamkan mat dengan sempurna).

Bila keadaan ini tidak mendapatkan perawatan yang baik akn berakibat timbulnya luka atau borok pada tangan dan kaki, yang akhirnya infeksi sampai ketulang dan tulang menjadi hancur dan yang tampak adalah seolah-olah tangan dan kaki mrotholi. Keadaan yang akhir inilah yang sangat ditakuti oleh masyarakat, timbul stigma pada penyakit kusta sehingga penderita dijauhi, dikucilkan oleh masyarakat.

Pengobatan :
Dahulu hanya ada satu macam obat saja yaitu DDS. Pengobatan DDS, memerlukan waktu yang lama, bahkan pada tipe basah cenderung samapi seumur hidup. Karena lamanya pengobatan ini maka sering terjadi komplikasi-komplikasi pada syaraf tepi.
Sekarang ada kombinasi obat yang disebut MDT (Multi Drug Therapy). Untuk tipe kering MDT terdiri atas Rifampicin yang diminum sebulan sekali dan DDS yang diminum setiap hri selama 6 bulan. Sedang untuk tipe basah terdiri dari Rifampicin yang diminum setiap bulan dan DDS dan Lamprene setiap hari lama pengobatan 24 bulan.

Penyakit kusta bila sudah tingkat menajngkiti amatlah parah akibatnya bagi penderita, untuk itu diperlukan kewaspadan dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a. cermati gwjala awal penyakit kusta sejak dini yang berupa bercak bercak, dan segera untuk memeriksakan diri
b. jangan menyembunyikan diri atau malu karena stigma yang melekat pada penderita kusta
c. berobat secara teratur hingga benar-benar sembuh
d. masyarakat umum jangan mengucilkan eks penderita kusta yang telah sembuh, sehingga sipenderita tidak kehilangan kepercayaan diri.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas :
Komentar dan Kritik anda
Untuk bertanya klik menu "Tanya ?"