Apa Sebab Tidak Bisa Menstruasi ?

Posted by Ĵũňǻîdî On 26 Des 2012 0 komentar
menstruasi
Tanya : Apa sebab tidak bisa mentruasi ?
Jawaban :

Menstruasi atau dalam istilah umum datang bulan adalah gejala biologis pada wanita yang merupakan fase awal balig bagi seorang gadis, dan akan terus berlangsung hingga ibu-ibu. Namun terkadang ada yang tidak bisa mengalami mentruasi, ini disebabkan beberapa faktor antara lain :

1. Bisa disebabkan kelemahan fisik sigadis yang dikarenakan gizi buruk memicu anemia berat, berimbas pada terhentinya aktivitas produksi sel telur. Dan juga bisa sebaliknya kegemukan karena terlalu bergizi sehingga kegemukan sigadis menjadi malas untuk melakukan aktivitas ini juga memicu terhentinya produksi sel telur.

2. Disebabkan oleh selaput dara yang tertutup sempurna tanpa ada satu celah pada selaput,atau karena sempitnya leher rahim dan juga karena ada sekat pada liang vagina.

3. Faktor bawaan/genetik seperti, rahim anak-anak, rahim ditindih ginjal, organ ovarium tidak ada, dan faktor bawaan lainnya.

4. Faktor kejiwaan, karena gonjangan jiwa sangat berpengaruh terhadap produksi sel telur.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya dapat dilakukan beberapa langkah pengobatan yaitu :
a. Gizi adalah faktor utama yang sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan. Gizi tidak hanya berpengaruh pada ovarium, namun juga berpengaruh pada tubuh secara keseluruhan. Konsumsi gizi seimbang bagi gadis remaja sangat dianjurkan seperti minum susu, sayur-sayuran,ikan,daging dan unggas secara teratur.

b. Lakukan aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan rumah tangga secara kontinu, atau olahraga rutin untuk membantu lancarnya aliran darah, serta memacu produksi sel telur.

c. Bila disebabkan tertutupnya selaput dara, hendaknya dibawa kedokter yang ahli dibidangnya untuk diobati

d. Senantiasa menjaga kejiwaan dengan hidup yang rilex.[referensi : asrar an-nisa]
Itulah jawaban saya semoga bermanfa’at.

0 komentar:

Posting Komentar

Makasih atas :
Komentar dan Kritik anda
Untuk bertanya klik menu "Tanya ?"